Sabtu, 25 Februari 2012

ENSIKLOPEDIA Pedoman Pergaulan Islami

Harga : Rp 52.000 (hard cover)
            Rp 38.000 (soft cover)
Penulis : Muhammad Thalib
Halaman : 272 hal
Berat : 450 gram (hard cover)
           350 gram (soft cover)

Manusia sebagai makhluk sosial mutlak membutuhkan hubungan dengan orang lain, mulai dari lingkup kerabat hingga hubungan bertetangga dan bermasyarakat. Islam dalam hal ini memberikan pedoman kepada manusia untuk menjalankan hubungan tersebut secara seimbang, menurut hak dan kewajiban masing-masing individu, baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari anggota masyarakat secara benar. Sehingga, terciptalah kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Dalam jilid XIV Ensiklopedi Keluarga Sakinah ini diuraikan secara singkat namun jelas hal-hal pokok berkenaan dengan kebutuhan hubungan sesama manusia, dengan pembahasan meliputi:

1. Tuntunan berkerabat, bergaul dan bertamu;
2. Tuntunan bertetangga dan bermasyarakat;
3. Pedoman menghadapi kerusakan masyarakat.

Pedoman pergaulan di atas dapat dijadikan sebagai rujukan bagi setiap Muslim, baik dalam kedudukan sebagai orangtua maupun anak, dalam mengarungi kehidupan yang kian mengabaikan syariat Allah. Dengan demikian, keluarga sakinah yang diidam-idamkan sejak sepasang mempelai mengawali pernikahan, dapat dipertahankan. Karena, keluarga tersebut tetap berbaur di tengah masyarakat tanpa meleburkan diri idealisme keislamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar